TUTORIAL DAN PENJELASAN MENU-MENU DI GAME AiKaBu

TUTORIAL DAN PENJELASAN MENU-MENU DI GAME AiKaBu

“AiKaBu” adalah aplikasi gim teranyar dari AKB48 yang bertemakan “Bermain saham dengan idol”. Aplikasi ini menyatukan Idol Grup AKB48 dengan saham. Cara bermainnya sama seperti trading saham lainnya, menambahkan asset dan menjadi pemegang saham terbesar. Aplikasi ini menggunakan real-time trading system yang di mana akan berubah-ubah harga setiap waktunya dari saham tersebut dan setiap member akan menjadi direktur perusahaan.
Menurut Yokoyama Yui, “Saya sendiri tidak mengerti mengenai saham, namun inti dari permainan ini adalah saya menginvestasikan kemudian saya mendapatkan sesuatu. mungkin ini sangat menarik dan saya bisa juga belajar mengenai saham”

OK, di sini saya akan memberi sedikit pencerahan Menu dan Tutorial-nya.


Ini adalah menu setelah tutorial selesai. Yang dilingkari warna biru itu ada 2 tombol. Tombol yang pertama (atas) adalah tombol untuk menuju ke tempat cek saham (sekalian untuk beli saham), dan yang tombol kedua (bawah) adalah quest untuk akun baru. Lalu yang dilingkari warna kuning adalah tombol-tombol yang berisi: menu utama - cek saham - (belum ada) - shop - gacha foto - album (kiri ke kanan).
Lalu, di pojok kanan atas terdapat kolom menu:
Kolom menu ini sendiri terdiri dari: hadiah – ranking - misi biasa (challenge) – pemberitahuan - profilhelp - searching player - game info - data transfertittle – pengaturan - keluhan (kiri ke kanan)
Jika kita membuka quest menu menggunakan akun baru, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:
Berikut adalah quest-quest yang ada sesuai urutan nomor pada halaman pertama:
1.       Kita ditugaskan untuk beli saham menggunakan diamond.
2.       Kita ditugaskan untuk mengambil hadiah dari misi biasa / challenge (ada di kolom menu).
3.       Kita ditugaskan untuk mengambil gift (jadi setelah misi biasa diselesaikan, hadiah akan dikirim ke gift menu lalu akan masuk ke akun kita).
4.       Kita ditugaskan untuk gacha mengunakan Yl (mata uang AiKaBu). \
5.       Kita ditugaskan gacha menggunakan Diamond.
6.       Kita ditugaskan untuk men-check album.
            Lalu pada halaman ke-dua:
1.       Kita ditugaskan untuk mengganti foto profil.
2.       Kita ditugaskan untuk menambah oshi (maksud menambah oshi adalah kita memberikan love terhadap member).
3.       Kita ditugaskan untuk men-check ranking saham (di topics).
4.       Kita ditugaskan untuk mengisi survey ke salah satu member.
5.       Kita ditugaskan untuk menanam saham dengan angka yang tinggi (nanti akan dijelaskan).
6.       Kita ditugaskan untuk check status transaksi.

Pada menu cek saham, terdapat sub menu yamg berjumlah 5 (di atas grafik), yaitu:
kondisi terkini - status member yang kita tanam sahamnya - list oshi - pencarian member - status transaksi
Di situ juga terdapat 3 kolom member. Di mana kolom atas adalah kolom member yang sahamnya sedang naik, kolom tengah adalah saham yang sedang turun, dan kolom bawah adalah peringkat yang tawaran sahamnya banyak. Angka di samping grafik itu adalah status neracanya (saya juga masih kurang tahu tentang ini hehe).

Gambar di atas adalah list status member yang sedang kita invest, yang +1000 YL itu adalah keuntungan kita, 2/50 adalah jumlah penanaman saham. Kalau slot sudah 50/50 kita sudah tak bisa beli lagi, jadi kita harus jual terlebih dahulu agar ada space atau juga kita dapat membeli Koper (nanti akan dijelaskan).

Ini adalah menu list oshimenu ini penting untuk memantau atau stalking oshi tercinta (meskipun yang di pic itu oshi orang, bukan oshi saya hehe)
Ini adalah menu status transaksi. Yang berwarna merah adalah status pembelian, sedangkan berwarna biru adalah penjualan. Jika tulisan merahnya 約定済み ('yakujosumi' spt. di pic) itu artinya berhasil, dan jika tulisannya '失効済み' itu artinya gagal dalam transaksi. Dan apabila tulisan yang ada terdapat pad bar merah adalah '注文取消し' itu berarti masih dalam proses dan bisa dibatalkan.

Ini adalah menu search member. Yang di bawah keyword itu ada 2 pencarian, yaitu: list menurut status saham dan list menurut status doi berada di tim yang mana.


Saat kita mulai membeli saham, setelah memilih salah satu member akan muncul seperti yang di gambar atas. Pilih saja yang tengah dulu agar bisa melihat detail sahamnya. Tombol yang berada di kiri merupakan tombol untuk menutup halaman ini, sedangkan tombol yang kanan untuk langsung transaksi tanpa melihat detail saham member tersebut.
Setelah memilih tombol tengah, maka akan muncul status sahamnya seperti gambar di atas. Dan jangan lupa tekan tombol love untuk menambahkan oshi (tombol yang berada di atas tombol menu home).
Ini menurut saya yang paling penting, karena kebanyakan player tidak memperhatikan grafik ini. Grafik di kanan (merah) itu adalah jumlah peminat/ atau yang ingin membeli saham member tersebut, sedangkan grafik kiri (biru) adalah jumlah penjual saham member tersebut. Lalu yang di tengah itu harga sahamnya.
NP : Jangan sampai terbalik ya, guys!
Gambar di atas adalah grafik status doi berdasarkan waktu (real time).
Gambar atas adalah tabel harga saham dia. Susunannya adalah:  harga kemarin, jumlah terkecil dan terbesar, rata2, harga tertinggi, harga terendah, dan rata2 hari ini. Yang 3 terbawah saya sendiri masih belum tahu, hehe.

(satu menu ke skip) Ini adalah menu survey player tentang saham dia. Dimulai dari kiri atau biru, susunannya adalah: sangat ingin jual, ingin jual, menarik untuk dipantau, ingin beli, dan sangat ingin beli.
*NP: menu ini adalah survei yang digunakan menyelesaikan misi no 4 hal 2.

Gambar di atas merupakan gambar menu shop. Dimulai dari kiri, susunannya adalah: membeli diamond (ini menggunakan uang asli bukan YL), membeli koper (kapasitas investasi), membeli kartu premium.
NP: yang 50 itu adalah jumlah kapasitas investasi (koper kita) 3.
3 tombol di bawah juga saya masih belum tahu fungsinya, hehe.

Menu ini adalah menu gacha (sekalian untuk menguji nasib kita (hehe)). 2 tombol berwarna biru di atas, dimulai dari kiri, susunannya adalah: premium gacha dan gacha biasa. Dan tombol pink di bawah dari kiri, susunannya adalah: gacha dengan 300 diamond dan gacha menggunakan tiket (dapet dari quest).
Gambar di atas adalah menu gacha yang biasa, di mana kita memiliki kesempatan 1x gratis gacha tiap harinya. Dan jika ingin lanjut, maka harus bayar 30k YL.

Terakhir ada Menu gallery pict member. Susunan tombolnya itu sendiri yaitu: galeri gacha diamond, dan gacha biasa/dari quest.
Sekian dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini. Untuk menambah keseruan dalam bermain gim ini, kalian bisa ajak teman kalian dan bagikan tulisan ini agar teman-teman kalian bisa ikut menikmati permainan.
Credit: @ Insta_team8 & A W A N.

6 comments:

  1. Bagus min. Kalau uda tau bagian yg blm dimengerti jgn lupa diupdate ya min...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. terimakasih untuk informasinya dan silahkan kunjungi web kami
    http://mitoha-goldengamat.com/
    http://obatkelenjargetahbening.xyz/

    ReplyDelete
  5. min quest no.5 hal 2 itu gimana ya ... gk ada penjelasannya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.